Pertanyaan yang Sering Diajukan (PSD) / Frequently Asked Questions (FAQ)
Layanan Transjakarta Pemberlakuan PSBB
  • Pembatasan Sosial Berskala Besar
    • Apa pengertian dari PSBB?

      PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar merupakan pembatasan kegiatan tertentu dalam suatu wilayah berdasarkan PP nomor 21 tahun 2020 pasal 1.

    • Apa itu Social Distancing?

      Adalah Tindakan pembatasan sosial untuk mengendalikan infeksi non farmasi atau memperlambat penyebaran suatu penyakit menular dengan tujuan mengurangi kemungkinan penularan virus dari satu orang ke orang lain.

      Menurut Center for Disease Control (CDC), social distancing adalah tindakan menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak antar manusia dan menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang.

    • Apa perbedaan Social Distancing dengan Physical Distancing?

      Social Distancing merujuk kepada menjauhi segala bentuk perkumpulan dan menghindari berbagai pertemuan yang melibatkan banyak orang, sedangkan Physical Distancing merujuk pada tindakan menjaga jarak fisik antara satu orang dengan orang lain, namun menjaga jarak bukan berarti memutus hubungan sosial dengan orang lain.

  • Layanan Operasional Transjakarta Selama Pemberlakuan PSBB
    • Apa saja layanan Transjakarta?

      Terdapat 2 jenis layanan Transjakarta yaitu layanan regular bagi seluruh pelanggan dengan hanya mengoperasikan rute dalam 13 koridor BRT, dan layanan khusus bagi tenaga rumah sakit dan puskesmas berdasarkan SK Kadishub No. 71 tahun 2020.

    • Apa yang dimaksud dengan layanan regular Transjakarta?

      Layanan yang disesuaikan dengan kondisi PSBB, yaitu hanya mengoperasikan rute di 13 koridor BRT, mulai pukul 06:00 hingga 18:00 WIB.

    • Apa yang dimaksud dengan layanan khusus Transjakarta?

      Layanan yang dapat dinikmati khusus bagi para pekerja/tenaga rumah sakit dan puskesmas.

    • Apakah ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh tenaga rumah sakit dan puskesmas  untuk dapat menikmati layanan khusus Transjakarta?

      Ya, harus dengan menunjukkan ID Card sebagai pegawai di rumah sakit atau puskesmas, atau membawa Surat Tugas yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan bekerja di rumah sakit atau puskesmas.

    • Apakah tenaga rumah sakit dan puskesmas gratis jika naik Transjakarta?

      Tidak, tetap harus membayar tarif normal sebesar Rp. 3500,- dengan cara tap di gate dalam halte.

    • Rute layanan regular dan layanan khusus apa saja?

      Rute lengkap Transjakarta selama PSBB dapat dilihat di :

      • Website: covid19.transjakarta.co.id;
      • Seluruh channel sosial media resmi Transjakarta; dan
      • Aplikasi TiJeKu.
    • Kenapa layanan Transjakarta hanya dibatasi di 13 koridor BRT?

      Kebijakan ini dilaksanakan untuk mengurangi pergerakan massa dan kumpulan orang untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Sehingga diharapkan masyarakat dapat bekerja dan belajar dari rumah.

    • Kapan layanan Non BRT dan Mikrotrans beroperasi Kembali?

      Setelah pemerintah menyatakan bahwa kondisi sudah memungkinkan dan Transjakarta diijinkan mengoperasikan kembali seluruh rutenya.

    • Apakah ada pembatasan jumlah orang dalam halte?

      Ya, kepadatan orang dalam halte dibatasi jumlahnya, dengan jarak antar pelanggan minimal adalah 1 meter atau diukur dengan melakukan gerakan lencang depan atau lencang kanan. Pelanggan lain dapat menunggu di luar halte sampai kepadatan dalam halte berkurang.

    • Apakah ada pembatasan jumlah orang dalam Bus?

      Ya, jumlah pelanggan dalam bus juga dibatasi tergantung jenis bus.

      Maksimal 60 orang untuk bus gandeng, 30 orang untuk bus Besar dan 15 orang untuk bus Sedang. Jarak antar pelanggan juga dibatasi, yaitu hanya diperbolehkan duduk di kursi yang tidak ada tanda silang, atau berdiri di tempat yang telah diberi tanda.

    • Berapa lama jarak waktu kedatangan antar bus?

      Jarak waktu kedatangan antar bus (headway) adalah 5 – 15 menit sekali, atau tergantung kebutuhan.

    • Bagaimana jika bus sudah penuh tapi pelanggan tetap memaksa naik?

      Petugas kami akan mengatur pelanggan untuk tidak memaksa masuk, karena Transjakarta tidak mengurangi jumlah bus yang beroperasi.

    • Hingga kapan perubahan layanan ini berlaku?

      Kebijakan perubahan layanan ini akan berubah mengikuti kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berlaku selama 14 hari kedepan, dan diperpanjang bila diperlukan. Perkembangan informasinya dapat dilihat pada website dan sosial media resmi Transjakarta.

  • Tata Tertib dan Layanan Pelanggan masa PSBB
    • Apa saja yang harus dipatuhi pelanggan?

      Pelanggan harus

      • Memakai masker saat hendak masuk halte dan selama menggunakan layanan Transjakarta. Disarankan menggunakan masker kain/non medis, atau masker yang direkomendasikan oleh kemenkes;
      • Melakukan pengecekan suhu badan oleh petugas;
      • Mencuci tangan terlebih dahulu dengan fasilitas yang terdapat pada halte kami; dan
      • Memastikan saldo kartu elektroniknya cukup.
    • Bagaimana jika tidak menggunakan masker?

      Per 12 April 2020, pelanggan yang tidak menggunakan masker tidak diperbolehkan masuk ke dalam halte dan menggunakan layanan Transjakarta.

    • Apakah ada batasan suhu badan yang tidak di ijinkan naik Transjakarta?

      Ya, pelanggan dengan suhu badan diatas 37.5 derajat celcius tidak kami ijinkan masuk. Kami sarankan untuk segera dilakukan pengecekan kesehatan lebih lanjut.

    • Apakah ada layanan transaksi uang tunai dan isi ulang di loket kasir?

      Tidak, selama masa PSBB Transjakarta tidak melayani transaksi keuangan apapun di loket kasir halte.

    • Bagaimana jika saldo saya habis?

      Anda harus melakukan isi ulang lebih dulu di ATM, ataupun merchant yang telah bekerjasama dengan penerbit kartu elektronik yang anda miliki.

      Oleh karena itu kami mohon agar pastikan lebih dulu saldo kartu elektronik anda cukup sebelum menggunakan layanan Transjakarta.

    • Apakah di semua halte disediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer?

      Ya, kami menyediakan hand sanitizer di seluruh halte Transjakarta, namun untuk wastafel portable saat ini baru tersedia di 49 halte.

    • Bagaimana jika di halte/bus TJ ditemukan pelanggan mengalami gejala kesehatan?

      Jika terjadi hal diatas, anda dapat segera menghubungi petugas kami di lapangan. Kami akan segera menindaklanjuti dengan menghubungi 112.

    • Berapa nomor call center Transjakarta?

      Call center Transjakarta adalah 1500-102. Dan jika memiliki pertanyaan, pelanggan juga dapat mention langsung melalui Twitter atau halo TiJe pada aplikasi TiJeKu.

  • Layanan Khusus Transjakarta Bagi Tenaga Rumah sakit dan Puskesmas
    • Siapa saja yang termasuk ke dalam kategori tenaga rumah sakit dan puskesmas?

      Kategori tenaga rumah sakit dan puskesmas meliputi: seluruh tenaga medis rumah sakit dan puskesmas, staf rumah sakit dan puskesmas, satpam rumah sakit dan puskesmas, hingga cleaning service rumah sakit dan puskemas.

    • Layanan khusus apa yang disediakan Transjakarta?

      Saat ini ada 3 layanan khusus tenaga rumah sakit dan puskesmas, yaitu :

      • Layanan khusus tenaga rumah sakit dan puskesmas, Rute RS – Hotel.
      • Layanan khusus tenaga rumah sakit dan puskesmas, Rute semi Amari.
      • Layanan khusus tenaga rumah sakit dan puskesmas, Rute Feeder Perbatasan.
    • Apa yang dimaksud dengan Layanan khusus tenaga rumah sakit dan puskesmas, Rute RS  - Hotel?

      Yaitu layanan point to point dari RSUD menuju Hotel tempat karantina para tenaga rumah sakit dan sebaliknya.

      Pelanggan tenaga rumah sakit ini dapat mengakses/naik dari hotel, maupun dari rumah sakit tempatnya bertugas.

      • Kapan beroperasinya?
        Beroperasi dalam 3 shift waktu, yaitu :
        Shift 1 : pukul 05:00 s/d 08:00 wib
        Shift 2 : pukul 11:00 s/d 14:00 wib
        Shift 3 : pukul 20:00 s/d 23:00 wib
      • Bagaimana cara mengaksesnya?
        Pelanggan tenaga rumah sakit dapat mengakses/naik dari hotel, maupun dari rumah sakit tempatnya bertugas.
      • Apakah layanan ini gratis?
        Ya, layanan ini gratis.
      • Bus jenis apa yang digunakan?
        Bus yang digunakan pada rute ini adalah jenis metrotrans (low entry) dan bus sekolah yang disediakan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta.
      • Hotel mana saja yang disediakan shuttle bus Transjakarta untuk tenaga rumah sakit dan puskesmas? Dan tujuan RSUD mana saja?
        - Hotel Grand Cempaka - RSUD Tarakan dan RSUD Pasar Minggu
        - Hotel D'Arcici Cempaka Putih - RSUD Tarakan dan RSUD Pasar Minggu
        - Hotel D'Arcici Sunter - RSUD Koja dan RSUD Tarakan
        - Hotel D'Arcici Plumpang - RSUD Koja
    • Apa yang dimaksud dengan Layanan khusus tenaga rumah sakit dan puskesmas, Rute semi Amari?

      Yaitu layanan khusus tenaga rumah sakit dan puskesmas, yang melintas dalam 13 koridor BRT Transjakarta.

      • Kapan beroperasinya?
        Beroperasi mulai pukul 19:30 sampai dengan 23:30 WIB.
      • Bagaimana dengan jarak kedatangan antar busnya?
        Jarak waktu kedatangan antar bus (headway) adalah 20 – 30 menit sekali.
      • Bagaimana cara mengaksesnya?
        Tenaga rumah sakit dan puskesmas dapat mengakses melalui halte-halte Transjakarta yang khusus kami buka untuk melayani rute ini.
      • Apakah layanan ini gratis?
        Tidak, layanan ini berbayar normal Rp. 3500,- dengan cara tap di gate dalam halte.
      • Bus jenis apa yang digunakan?
        Bus yang digunakan pada rute ini adalah jenis single bus (high deck).
      • Halte mana saja yang melayani rute ini?
        Halte hanya akan dibuka mulai pukul 19:30 – 23:30 wib, yaitu :
        Koridor 1:
        - Halte Blok M
        - Halte Bundaran Senayan
        - Halte Bendungan Hilir
        - Halte Tosari
        - Halte Bank indonesia
        - Halte Harmoni
        - Halte Glodok
        - Halte Kota
        Koridor 2:
        - Halte Pulogadung
        - Halte Cempaka timur
        - Halte RS Islam
        - Halte Senen arah Harmoni dan Pulogadung
        - Halte Sentral Senen
        - Halte RSPAD
        - Halte Juanda
        - Halte Harmoni
        Koridor 3:
        - Halte Grogol 1
        - Halte Jelambar
        - Halte kalideres
        - Halte Rawabuaya
        - Halte RS Sumber Waras
        Koridor 4:
        - Halte Pulo Gadung 2
        - Halte TU GAS
        - Halte Pemuda Rawamangun
        - Halte Velodrome
        - Halte Sunan Giri
        - Halte Pramuka BPKP
        - Halte Matraman 2
        - Halte Manggarai Rumah Sakit Agung
        - Halte Pasar Genjing
        - Halte Pasar Rumput
        - Halte Halimun
        - Halte Tosari
        Koridor 5:
        - Halte Kp. Melayu
        - Halte Matraman 1
        - Halte Salemba Carolus
        - Halte Salemba UI
        - Halte Pal Putih
        - Halte Sentral Senen
        - Halte Ancol
        - Halte PS Jatinegara (arah kp. Melayu)
        - Halte Jatinegara RS Premier (arah Kp. Melayu
        Koridor 6:
        - Halte Halimun
        - Halte Kuningan Madya
        - Halte GOR Sumantri
        - Halte Kuningan Timur
        - Halte Duren Tiga
        - Halte Departemen Pertanian
        - Halte Ragunan
        Koridor 7:
        - Halte Kp. Rambutan
        - Halte Fly over Raya Bogor
        - Halte RS Harapan Bunda
        - Halte PS. Kramat Jati
        - Halte PGC 1
        - Halte Cawang UKI
        - Halte Bidara Cina
        - Halte Kp. Melayu
        Koridor 8:
        - Halte Lebak Bulus
        - Halte Pondok Indah 1
        - Halte Tanah Kusir Kodim
        - Halte Psr Kebayoran Lama
        - Halte Rs medika
        - Halte Kebon jeruk
        - Halte Green Garden
        - Halte Jelambar
        - Halte RS tarakan
        - Halte Harmoni
        Koridor 9:
        - Halte Pinang Ranti
        - Halte Cawang UKI
        - Halte Cikoko Stasiun Cawang
        - Halte Pancoran Tugu
        - Halte Tegal Parang
        - Halte Kuningan Barat
        - Halte Semanggi
        - Halte Slipi Petamburan
        - Halte RS Harapan Kita
        - Halte Grogol 2
        - Halte Stasiun Latumeten
        - Halte Jembatan Tiga
        - Halte Penjaringan
        - Halte Pluit
        Koridor 10:
        - Halte PGC 2
        - Halte Cawang UKI
        - Halte St. Jatinegara
        - Halte Pemuda Pramuka
        - Halte Cempaka Putih
        - Halte Cempaka Mas
        - Halte Enggano
        - Halte Tanjung Priok
        Koridor 11:
        - Halte Pulo Gebang
        - Halte Wali kota Jaktim
        - Halte Penggilingan
        - Halte Buaran
        - Halte Stasiun Klender
        - Halte Flyover Jatinergara
        - Halte St. Jatinegara 2
        - Halte Kp. Melayu
        Koridor 12:
        - Halte Penjaringan
        - Halte Bandengan Selatan
        - Halte Kota
        - Halte Sunter Karya
        - Halte Sunter Boulevard Kelapa Gading
        Koridor 13:
        - Halte Tendean
        - Halte Mayestik
        - Halte VELBAK
        - Halte Seskoal
        - Halte Puri Beta 1
        - Halte Puri Beta 2
    • Apa yang dimaksud dengan Layanan khusus tenaga rumah sakit dan puskesmas, Rute Feeder Perbatasan?

      Yaitu layanan khusus tenaga rumah sakit dan puskesmas, yang melintas melalui jalur perbatasan dan masuk melintas dalam koridor BRT Transjakarta.

      • Kapan beroperasinya?
        Jadwal keberangkatan dari titik awal di kawasan penyangga;
        - Pukul 05:00
        - Pukul 05:30
        - Pukul 19:00
        - Pukul 19:30
        Sedangkan jadwal kembali dari Jakarta menuju kawasan penyangga;
        - Pukul 22:00
        - Pukul 22:30
      • Bagaimana cara mengaksesnya?
        Tenaga rumah sakit dan puskesmas dapat mengakses/naik dari titik rue awal, maupun dari halte yang disinggahi oleh rute bus tersebut.
      • Apakah layanan ini gratis?
        Tidak, layanan ini berbayar normal Rp. 3500,- dengan cara tap di gate dalam halte ataupun tap pada alat Tap on Bus yang tersedia dalam bus.
      • Bus jenis apa yang digunakan?
        Bus yang digunakan pada rute ini adalah jenis Royaltrans.
      • Apa saja rute yang tersedia?
        TRS1 Kalideres - Juanda
        TRS2 Poris Plawad - Blok M
        TRS4 Cibubur - Blok M
        TRS5 Depok - Kampung Melayu - RS Mitra Keluarga Kemayoran
        TRS6 Bogor - Jatinegara RS Premier
        TRS7 Bulak Kapal - Blok M
        TRS8 Bekasi Timur - Puskesmas Kecamatan Setiabudi
        TRS10 Terminal Cileungsi - Tanjung Priok
        TRS13 Bekasi Timur - RSUD Taman Sari 
        TRS14 Bulak Kapal - Kampung Melayu - Senen
        TRS15 Bekasi Selatan - RS Duren Sawit - RS Mitra Keluarga Kemayoran
        TRS17 Bekasi Selatan - RS PIK - RSU Kalideres
      • Rute tersebut melalui halte apa saja?
        TRS1 : Kalideres - Juanda
        1) Halte Kalideres
        2) Halte Rawa Buaya
        3) Halte Jelambar
        4) Halte Grogol 1
        5) Halte RS Sumber Waras
        6) Halte Harmoni
        7) Halte Juanda
        TRS2 : Poris Plawad - Blok M
        1) Halte Poris Plawad
        2) Halte Palem Semi 1
        3) Halte Cyberpark Karawaci
        4) Halte Rest Area KM 13 Merak Jakarta
        5) Halte RS Harapan Kita
        6) Halte Slipi Petamburan
        7) Halte Polda Metro Jaya
        8) Halte Blok M
        TRS4 : Cibubur - Blok M
        1) Halte Cibubur Junction
        2) Halte Cawang UKI
        3) Halte BNN
        4) Halte Cikoko Stasiun Cawang
        5) Halte Pancoran Tugu
        6) Halte Tegal Parang
        7) Halte Kuningan Barat
        8) Halte Polda Metro Jaya
        9) Halte Blok M
        *) Halte Semanggi (Arah Cibubur)
        TRS5 : Depok - Kampung Melayu - RS Mitra Keluarga Kemayoran
        1) Terminal Depok
        2) Halte PGC 1
        3) Halte RSUD Budhi Asih
        4) Halte Gelanggang Remaja
        5) Halte Bidara Cina
        6) Halte Kampung Melayu
        7) Halte RS Hermina Kemayoran
        8) Halte RS Mitra Keluarga Kemayoran
        *) Halte RS Hermina Jatinegara (Arah Kemayoran)
        *) Halte Jatinegara RS Premier (Arah Depok)
        *) Halte MT Haryono Square (Arah Depok)
        TRS6 : Bogor - Jatinegara RS Premier 
        1) Halte Botani Square
        2) Halte Cibubur
        3) Halte PGC 1
        4) Halte RSUD Budhi Asih
        5) Halte Gelanggang Remaja
        6) Halte Bidara Cina
        7) Halte Kampung Melayu
        8) Halte RS Hermina Jatinegara
        9) Halte Jatinegara RS Premier
        TRS7 : Bulak Kapal - Blok M
          1) Halte Bulak Kapal
          2) Halte Summarecon Bekasi
          3) Halte Bekasi Barat
          4) Halte Tol Jatibening
          5) Halte Cikoko Stasiun Cawang
          6) Halte Pancoran Tugu
          7) Halte Tegal Parang
          8) Halte Kuningan Barat
          9) Halte Polda Metro Jaya
        10) Halte Blok M
        *) Halte Cawang UKI (Arah Blok M)
        *) Halte RS Pusat Otak Nasional (Arah Blok M)
        *) Halte Semanggi (Arah Bekasi)
        *) Halte BNN (Arah Bekasi)
        TRS8 : Bekasi Timur - Manggarai
        1) Terminal Bekasi
        2) Halte Bulak Kapal 1
        3) Halte BTC
        4) Halte Tol Jatibening
        5) Halte BNN
        6) Halte Cikoko Stasiun Cawang
        7) Halte RSUD Tebet
        8) Halte Puskesmas Kecamatan Setiabudi
        *) Halte Cawang UKI (Arah Manggarai)
        *) Halte JPO Tebet BUMD (Arah Tebet)
        *) Halte RS Tebet (Arah Bekasi)
        TRS10 : Terminal Cileungsi - Tanjung Priok
          1) Terminal Cileungsi
          2) Halte Cibubur
          3) Halte Cawang UKI
          4) Halte Stasiun Jatinegara
          5) Halte Pemuda Pramuka
          6) Halte Pulo Mas Bypass
          7) Halte Cempaka Putih
          8) Halte Cempaka Mas
          9) Halte Sunter Kelapa Gading
        10) Halte Permai Koja
        11) Halte RSUD Koja
        12) Halte Enggano
        13) Halte Terminal Tanjung Priok
        TRS13 : Bulak Kapal - RSUD Taman Sari
        1) Halte Bulak Kapal
        2) Halte BTC
        3) Halte Tol Jatibening
        4) Halte Pancoran Tugu
        5) Halte RS Harapan Kita
        6) Halte RSUD Taman Sari
        7) Halte Puskesmas Tambora
        *) Halte Smesco (Arah Taman Sari)
        *) Halte RS Medistra (Arah Bekasi)
        TRS14 : Bulak Kapal - Kampung Melayu - Senen
          1) Halte Bulak Kapal
          2) Halte Summarecon Mal Bekasi
          3) Halte Tol Jatibening
          4) Halte Cawang UKI
          5) Halte PGC 1
          6) Halte RSUD Budhi Asih
          7) Halte Gelanggang Remaja
          8) Halte Bidara Cina
          9) Halte Kampung Melayu
        10) Halte RS Hermina Jatinegara
        11) Halte Matraman 1
        12) Halte Salemba Carolus
        13) Halte Salemba UI
        14) Halte Kramat Sentiong
        15) Halte Pal Putih
        16) Terminal Senen
          *) Halte Jatinegara RS Premier (Arah Bekasi)
        TRS15 : Bekasi Selatan - RS Duren Sawit - RS Mitra Keluarga Kemayoran
        1) Halte Bekasi Barat
        2) Halte Tol Jatibening
        3) Halte RS Duren Sawit
        4) Halte RS Islam Jakarta 2
        5) Halte RS Mitra Keluarga Kemayoran
        TRS17 : Bekasi Selatan - RS PIK - RSU Kalideres
        1) Halte Bekasi Barat
        2) Halte Tol Jatibening
        3) Halte Pancoran Tugu
        4) Halte RS Pantai Indah Kapuk
        5) Halte RSU Kalideres
        6) Halte RS Mitra Keluarga Kalideres
        *) Halte Smesco (Arah Taman Sari)
        *) Halte RS Medistra (Arah Bekasi)
    • Bagaimana memastikan bahwa petugas dan bus dalam kondisi steril?

      Kami melakukan penyemprotan disinfektan saat sebelum dan sesudah bus tiba di titik ujung. Petugas kami juga menggunakan APD dan dilakukan pengecekan kondisi kesehatannya sebelum bekerja.

    • Apakah layanan khusus tenaga rumah sakit dan puskesmas ini berlaku juga bagi pegawai apotek?

      Tidak.

    • Apakah layanan khusus juga boleh digunakan untuk keluarga tenaga rumah sakit dan puskesmas?

      Tidak. Karena harus menunjukkan ID Card sebagai tenaga kerja di rumah sakit atau puskesmas, atau membawa Surat Tugas yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan bekerja di rumah sakit atau puskesmas.

    • Apakah layanan khusus juga boleh digunakan oleh pelanggan umum yang terpaksa harus lembur ditempat kerjanya?

      Tidak, layanan khusus hanya dapat digunakan oleh tenaga rumah sakit dan puskesmas rujukan Covid-19.

Twitter : @pt_transjakarta (http://bit.ly/twittertije)
Instagram : pt_transjakarta (http://bit.ly/instagramtije)
Aplikasi Resmi Transjakarta : TiJeKu (http://bit.ly/tijekuseru)